Perbankan Syariah Butuh 50 Ribu Bankir

Jumat, 17 Februari 2012



Jakarta, (6/10/2011) - Sampai 5 tahun kedepan, perbankan syariah membutuhkan 50 ribu bankir syariah. Hal tersebut diungkapkan pengamat Ekonomi Syariah dari Universitas Trisakti, Prof. Dr. Sofyan Syafri Harahap. "Kebutuhan akan SDM adalah kebutuhan mendesak bagi perbankan syariah. Hingga 5 tahun kedepan dibutuhkan setidaknya 50 ribu bankir syariah," ungkapnya pada pkesinteraktif.com di sela-sela acara Serah Terima Jabatan Dekan Fakultas Ekonomi Trisakti, Kamis (6/10), di Jakarta.


Ia menjelaskan kebutuhan akan bankir syariah bisa jadi lebih dari angka 50 ribu, terlebih jika perbankan syariah masuk ke sektor mikro.

"Jika bank syariah semuanya masuk ke sektor mikro maka kebutuhan akan bankir syariah bisa lebih dari itu, karena untuk mengurusi mikro memang dibutuhkan banyak orang," jelasnya.

Sofyan juga mengakui jika sampai saat ini 70 % bankir di perbankan syariah merupakan bankir yang berasal dari bank konvensional. Sedangkan untuk untuk murni bankir syariah hanya ada 5 %. "Memang saat ini kita (bank syariah) masih membajak dari konvensional, yang murni masih sedikit," imbuhnya.

Ia menilai peran pemerintah dalam hal ini Kemendiknas sangat lamban menangani hal tersebut. Terbukti baru tahun ini pemerintah melalui Kemendiknas memberikan ijin akan pembukaan program studi Ekonomi Syariah.

"Baru tahun ini keluar ijin pembukan program studi Ekonomi Syariah. Jadi mereka (pemerintah) sangat lamban. Mereka tidak punya komitmen kembangkan Ekonomi Syariah di negeri ini," pungkasnya.





KEMBALI KE MENU




Kritik dan saran | Email : foreksunisma@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Forum Ekonomi Syariah © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions