FOZ Menginginkan Penguatan Peran Zakat Dalam Negara

Sabtu, 18 Februari 2012



Jakarta, (01/09/2009). Forum Zakat (FOZ) ingin meneguhkan peran zakat dalam kehidupan negara dan juga meningkatkan peran Indonesia dalam berbagai forum kerjasama zakat internasional. Sebagai asosiasi organisasi pengelola zakat kedua hal tersebut akan dijadikan agenda besar FOZ.

Hal tersebut merupakan hasil dari kesimpulan perbincangan pada silaturrahim dan buka puasa bersama antar CEO, Direktur Eksekutif dan Badan Pelaksana BAZ anggota Forum Zakat (FOZ) yang diadakan Jum’at 28 Agustus 2009 (7 Ramadhan 1430 H) di Gubug Makan Mak Engking, Komplek Kampus UI Depok.

Dalam pertemuan tersebut, antara lain hadir Ketua Umum Pengurus FOZ Ahmad Juwaini dan Sekjen FOZ Teten Kustiawan. Dari BAZNAS hadir Muhammad Fuad Nasar (Wakil Sekretaris Umum). CEO/Badan Pelaksana OPZ lainnya yang hadir ialah dari BAZIS DKI, Dompet Dhuafa Republika, Bamuis BNI, Rumah Zakat Indonesia, LAZ Hidayatullah, BAZMA Pertamina, PKPU dan lain-lain.

Dalam penyusunan agenda zakat ke depan, FOZ akan tetap concern mengikuti perkembangan amandemen UU Pengelolaan Zakat. Karena undang-undang adalah landasan bergerak bagi semua organisasi pengelola zakat.

Disamping program tersebut, salah satu program FOZ sejak periode yang lalu ialah keinginan melakukan sindikasi program yang dibiayai bersama oleh organisasi pengelola zakat anggota FOZ. Juga diusulkan FOZ membuat “laporan bersama” kepada Pemerintah dalam hal ini Departemen Agama RI. Seperti halnya yang telah dilakukan selama ini FOZ telah membuat iklan bersama organisasi pengelola zakat di media massa.

Menyangkut posisi Indonesia sebagai Sekretariat Tetap Dewan Zakat MABIMS, FOZ siap menawarkan kegiatan kepada Departemen Agama selaku penanggung jawab DZM, misalnya sinergi kegiatan DZM dengan WZF (World Zakat Forum), ungkap Ismail A. Said (Presdir Dompet Dhuafa) dan Ahmad Juwaini.

Rencananya, dalam kepengurusan FOZ periode ini, pertemuan antar CEO Pengelola Zakat akan diagendakan secara rutin. Agar antar lembaga pengelola zakat dapat lebih sinergi dan dapat melakukan kerja bersama untuk kepentingan semua.





KEMBALI KE MENU




Kritik dan saran | Email : foreksunisma@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Forum Ekonomi Syariah © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions