Potensi Asuransi Syariah Indonesia Belum Digali

Minggu, 19 Februari 2012



Jakarta, (21/7/2011). Industri asuransi syariah di Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar. Namun sampai saat ini potensi tersebut belum digali secara maksimal. Terbukti hingga kini baru 4 persen premi asuransi syariah yang diperoleh secara keseluruhan premi asuransi di Indonesia. Padahal berdasarkan riset 85 persen konsumen akan mempertimbangkan pembelian produk asuransi syariah.

Terkait hal tersebut, perusahaan konsultan asuransi Pointer Insurance Consulting, hari ini menggelar konferensi internasional bertajuk “Syariah Insurance in Indonesia” di Hotel Le Meridien Jakarta.

Acara yang akan berlangsung hingga sore hari ini, membahas dari berbagai perspektif tentang tantangan yang dihadapi asuransi syariah, pengembangan produk, regulasi, dan realita yang terjadi di dunia asuransi syariah.

Dalam kegiatan ini terdapat presentasi dari berbagai pihak terkait asuransi, mulai dari para praktisi asuransi, konsultan asuransi hingga dari Dewan Syariah Nasional.

“Saat ini perhatian semakin meningkat di pihak penyedia asuransi sebagai upaya memperoleh konsumen asuransi berbasis syariah,” ungkap Angger Yuwono, Managing Patner Pointer Insurance Consulting sepeti dikutip siaran pers yang pkesinteraktif.com terima.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi sesuatu yang penting karena bisa menjadi tempat untuk sosialisasi produk asuransi syariah. “Ini sangat penting bagi pasar kita dan pasti mengarah pada kebutuhan atas peningkatan keterlibatan penyedia asuransi dalam mendidik dan memberikan informasi pada bangsa Indonesia tentang produk-produk asuransi,”imbuhnya.

Menurut angka-angka yang dikeluarkan oleh regulator pada awal Maret tahun ini, premi sektor syariah meningkat 35,7 persen dari tahun sebelumnya menjadi 3,2 triliun pada tahun 2010. Sedangkan di pasar Indonesia hanya memiliki 3 asuransi jiwa dan 2 asuransi umum yang beroperasi secara syariah penuh.





KEMBALI KE MENU




Kritik dan saran | Email : foreksunisma@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Forum Ekonomi Syariah © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions