Gerakan Penumbuhan BMT Se-Jakarta Raya

Minggu, 19 Februari 2012



Jakarta, 31 Desember 2008. Melihat lambatnya perkembangan dan pertumbuhan Baitul Mal wa Tamwil (BMT) di Jakarta dan sekitarnya telah membentuk kesadaran bersama bagi para penggerak BMT untuk melakukan gerakan bersama untuk menumbuhkan BMT di Jakarta dan wilayah sekitar. Dengan melaunching ‘Gerakan Penumbuhan BMT Se-Jakarta Raya” para manajer BMT sepakat melakukan sinergi demi perkembangan BMT.

BMT yang merupakan lembaga keuangan mikro syariah dengan berbadan hukum koperasi merupakan lembaga keuangan yang mampu menyentuh perkembangan ekonomi masyarakat bawah. Sehingga keberadaan BMT akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat yang selama ini tidak mampu disentuh oleh lembaga keuangan lain.

Bertempat di Masjid Pondok Pesantren Al-Husnayain acara dimulai dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Selaku tuan rumah sebagai pelaksana acara adalah BMT Husnayain.

Acara dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari para manajer BMT. Acara diawali dengan pembukaan yang diteruskan dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh ust. Bisri Nasrullah. Sebelum berlangsungnya acara sambutan terlebih dahulu diselingi pembacaan surat al-Fatihah dan pesan yang dinukil dari buku Power of al-Fatihah karya M. Amin azis, oleh Ust. Anas.

Sambutan pertama disampaikan oleh Nur Julizar, selaku pelaksana acara yang merupakan Kordinator Wilayah DKI dari PINBUK. Nur Julizar mengatakan bahwa gerakan ini merupakan momen kebangkitan ekonomi umat melalui BMT, yang diharapkan mampu menjadi pertahanan terakhir dalam perekonomian umat dalam menghadapi krisis keuangan global. Melalui BMT, menurut Julizar, ekonomi masyarakat akan terbina sehingga masyarakat mampu untuk mensejahterakan kehidupannya.

Selaku tuan rumah yang berketempatan pelaksanaan acara sambutan seyogyanya diberikan langsung oleh pengasuh pesantren KH. Kholil Ridwan, namun karena berhalangan hadir dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang memungkinkan , sambutan diwakilkan kepada Ust. Mansur, Pembina Pesantren. Dalam sambutannya Mansur memberikan pesan agar BMT harus berkomitmen untuk memahami aspek syariah lebih mendalam.

Sambutan selanjutnya adalah perwakilan dari BMI sebagai pendukung acara yang disampaikan oleh Muhtarmanto, Kepala Cabang Fatmawati. Dalam sambutannya, Muhtarmanto mengatakan bahwa BMT merupakan satu media perjuangan ekonomi syariah yang paling dasar yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga keberadaan BMT merupakan aspek penting perkembangan ekonomi syariah. Diharapkan para pelaku dan pelaksana BMT mampu menjaga amanah dan jujur untuk mengoperasikan BMT-nya.

Acara selanjutnya diadakan pengukuhan terhadap para pengurus yang akan menjadi motor penggerak Gerakan Penumbuhan BMT Se-Jakarta Raya. Pengukuhan dilakukan oleh Muhtarmanto yang mewakili Direksi BMI.

Setelah selesainya acara pengukuhan dilanjutnya dengan acara seminar dengan moderator Wawan, manajer BMT Tanjung Sejahtera, dengan tiga narasumber, yaitu Emaliawati dari PINBUK, Drs. Hadjeri, Kepala Sub Dinas Koperasi DKI, dan Muhtarmanto, Kepala Cabang Fatmawati BMI.





KEMBALI KE MENU




Kritik dan saran | Email : foreksunisma@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Forum Ekonomi Syariah © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions